Di akhir tahun 2008 ini para Penggalang di Jawa Timur akan berkumpul lagi dalam event Jambore Jatim 2008 di Bumi Perkemahan Sumber Boto, Jombang pada tanggal 26-31 Desember 2008. Kegiatan yang mengambil tema Bersahabat, Berkarya, Berempati ini akan menempati lahan seluas 12 hektar di kawasan hutan lindung dengan ketinggian 200m dari ermukaan air laut.
Adapun panduannyanya adalah :
PESERTA KONTINGEN CABANG
Peserta Jambore Daerah Jatim 2008
Peserta Jambore Daerah adalah Pramuka adalah Pramuka Penggalang putera dan puteri yang terdaftar sebagai anggota utusan dari Kwartir Cabang se Jawa Timur , yang tergabung dalam Kontingen Kwartir Cabang.
Memiliki jiwa kepemimpinan, kepedulian terhadap sesama hidup, ketahanan menghadapi tantangan, cinta alam dengan menerapkan Prinsip Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dalam upaya pembinaan serta pengembangan persaudaraan.
Kontingen Cabang
1. Tiap Kwartir Cabang mengirimkan peserta 4 (empat) regu Pramuka Penggalang, terdiri atas 2 (dua) regu Pramuka Penggalang Putera dan 2 (dua) regu Pramuka Puteri, dengan masing masing regu terdiri atas 10 orang Pramuka Penggalang.
2. Regu Pramuka Penggalang Putera dan Puteri disebut Kontingen Cabang .
Kontingen Cabang dipimpin oleh seorang Andalan Cabang
4. Setiap Regu Putra didamping oleh seorang Pembina Putera
5. Setiap Regu Puteri didampingi oleh seorang Pembina Puteri
6. Bila Cabang ingin mengirimkan lebih dari kuota / jatah maka diharapkan dapat diinformasikan dahulu kepada Kwarda Jatim selanjutnya akan dikoordinasikan oleh panitia.
7. Anak Jalanan utusan Kwarcab Kota Surabaya dan Kwarcab Kota Malang
Masing masing 1 regu Putra + 1 orang Bindamping dan 1 regu Putri + 1 orang Bindamping Putri
Syarat – syarat peserta
1. Aktif di Gugusdepannya.
2. Minimal Penggalang Rakit
3. Sehat Rohani dan Jasmani dengan Surat Keterangan Dokter
4. Minimal memiliki 10 (sepuluh) macam TKK
5. Sanggup menjaga semangat persatuan dan Kesatuan
6. Sanggup melaksanakan semua ketentuan yang ada dan prinsip prinsip berkemah
7. Sanggup melaksanakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan metode Kepramukaan dalam semua acara kegiatan, khususnya sistem beregu
8. Minimal penggalang Rakit, dengan 10 macam TKK
9. Memiliki KTA yang masing berlaku
10. Membawa surat mandat dari kwartir Cabang
11. Menyerahkan iuran Jambore Daerah sebesar Rp. 150.000,- /orang
Untuk peserta akan mendapatkan :
1. Kaos peserta
2. Topi Peserta
3. Scraf
4. Tiska dan Bed Jambore Daerah
5. Piagam Jambore Daerah
6. Buku kegiatan Jambore Daerah
7. Tanda peserta Jambore Daerah
8. Asuransi Kecelakaan selama kegiatan
9. Kegiatan – kegiatan Jambore Daerah
Perlengkapan Perkemahan
a. Membawa perlengkapan memasak
b. Menyediakan sendiri bahan bahan konsumsi yang dibutuhkan selama kehiatan Jambore ( Panitia akan membuka Pasar bahan makan)
c. Membawa peralatan kebersihan perkemahan (cangkul, Kampak/golok, ember air dll)
d. Membawa perlengkapan P3K
e. Membawa Lampu Kemah, senter (diwajibkan satu orang membawa satu buah senter)
f. Membawa tenda regu, alas tidur, plastik penahan air, tali dll
g. Bendera merah putih
h. Bendera Gerakan Pramuka
i. Bendera Regunya masing masing
j. Membawa perlengkapan pentas seni budaya daerah yang akan ditampilkan .
k. Mmebawa pakaian untuk karnaval
l. Membawa perlengkapan kegiatan
Perlengkapan Pribadi :
a. Perlenagkapan kegiatan lapangan pribadi ( Kantong tidur, matras, jas hujan,pakaian tahan dingin,kaos tangan dll)
b. Obat- obatan pribadi yang diperlukan
c. Seragam Pramuka 2 Stel
d. Peralatan mandi
e. Peralatan makan
f. Buku Harian dan peralatan tulis
g. Tanda Anggota Gerakan Pramuka
h. Perlengkapan ibadah
i. Tali
j. Tempat air minum lapangan
k. Lampu senter
l. Alat jahit menjahit
Syarat- syarat PINKONCAB
a. Andalan Cabang disertai surat mandat dari kwarcab
b. Pembina Pramuka Penggalang
c. Sehat Jasmani dan Rohani dengan Surat Keterangan Dokter
d. Sedikitnya lulusan KML
e. Menyerahkan iuran Jambore sebesar Rp. 150.000,-
dengan mendapatkan : Kaos, Topi, Scraf, Piagam, Bed, Tanda Peserta, Asuransi, Buku Kegiatan .
Syarat- syarat BINDAMPING
a. Aktif sebagai pembina Pramuka penggalang di Gudep.
b. Sehat Jasmani dan Rohani dengan Surat Keterangan Dokter
c. Sedikitnya lulusan KML
d. Menyerahkan iuran Jambore sebesar Rp. 150.000,-
dengan mendapatkan : Kaos, Topi, Scraf, Piagam, Bed, Tanda Peserta, Asuransi, Buku Kegiatan .
Tamu / Peninjau
a. Diperkenankan masuk ke arena Perkemahan pada saat istirahat.
b. Membayar Karcis masuk Bumi perkemahan Sumberboto, Jombang
c. Waktu berkunjung masuk
Siang Pk. 12.00 – 14.00
Sore Pk. 17.00 - 18.00
BIDANG KEGIATAN
JAMBORE DAERAH JATIM 2008
Kegiatan Jambore Daerah Jatim 2008 adalah aktifitas yang dilakukan selama Jambore Daerah Jatim 2008 yang ditandai dengan upacara Pembukaan dan diakhiri dengan Upacara Penutupan .
Kegiatan yang disajikan dalam Jambore Daerah Jatim 2008 dilandasi dengan
1. Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan
2. Pendidikan untuk semua
3. Kompetensi peserta
4. Menarik , menantang, menyenagkan, menguntungkan
5. Alam terbuka
6. Unjuk potensi
Segala aktifitas yang dilaksanakan dalam Jambore Daerah Jatim 2008 dilaksanakan secara berkesinambungan selama 6 (enam) hari dengan maksud agar tercapai suasana persahabatan yang akrab, mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang kepemimpinan, pembinaan di bidang mental spiritual, sikap dan semangat kekeluargaan dan gotong royong yang lebih mantap .
Mendapatkan tambahan pengetahuan , ketrampilan yang berguna baik bagi diri sendiri maupun masyarakat . Peningkatan kesadaran mencitai alam dan lingkungan Peningkatan sikap yang positif dan mandiri .
Alokasi Waktu Kegiatan
1. Peserta datang tanggal 26 Desember 2008
( Pk. 08.00 – 15.00 WIB)
2. Upacara Pembukaan tanggal 27 Desember 2008
3. Hari Efekti Kegiatan tanggal 27 s/d 30 Desb. 2008
4. Upacara Penutupan tanggal 31 Desember 2008
Alokasi Waktu Kegiatan Harian
1. 05.00 – 07.00 Bangun pagi
Kegiatan Kerokhanian
Kegiatan Olah Raga
Kegiatan Pribadi
Apel Pagi
2. 07.00 – 08.00 Persiapan menuju tempat kegiatan
3. 08.00 – 12.00 Kegiatan pagi
4. 12.00 – 14.00 Istirahat
Kegiatan Kerokhanian
Kegiatan Pribadi
5. 14.00 _ 17.00 Kegiatan Sore
6. 17.00 _ 19.00 Apel Sore
Kegiatan Kerokhanian
Kegiatan Pribadi
7. 19.00 – 22.00 Kegiatan Malam
JENIS – JENIS KEGIATAN
Pembagian Jenis Kegiatan JAMDA JATIM 2008 terdiri atas :
A. Pengalaman Diri
1. Menanam padi
2. Penghijauan dan mengenal hutan
3. Membuat tempe
4. Membatik
5. Servis hp
6. TTG
7. Persemainan / pembibitan
8. Penyamaan kulit
9. Daur ulang
10. Robotika
11. Tata busana
12. PPGD
13. Olah tanamam hias
14. Cara memimpin
15. Mengenal Indonesia
16. Tanaman TOGA
B. Kreasi Diri
1. Melukis
2. Membuat poster
3. Membuat dan membaca puisi
4. Bernyanyi dan membuat lagu
5. Menulis artikel
6. Pidato
7. Pioneering
8. Jurnalistik dan fotogarfi
9. Presenter
10. Menyongket dan emnyulam
11. Memasak dan menyajikan
12. Hasta karya
13. Membuat blog
14. Membuat cerpen
15. Mendongeng
16. Membuat laying-layang dan aneka sambal
C. Penguatan Diri
1. Outbound
2. Games
i. Gasing
ii. Sepak takraw
iii. Dakon
iv. Patil lele
v. Gobak sodor
vi. Balap egrang
vii. Balap karung
D. Wisata
E. Olah diri
1. apel pagi
2. Ibadah
3. Olah raga
4. Kurve
5. Anjang sana
6. Pentas seni
F. Olah pikir
1. Debat
2. Seminar
3. Presentasi
4. Catatan hasil
SARANA PENDUKUNGJAMBORE DAERAH JATIM 2008
Untuk mendukung pelaksanaan Jambore Daerah Jatim 2008 di Bumi Perkemahan Sumberboto Jombang dibutuhkan sarana pendukung sebagai berikut :
Komunikasi dan Informasi
1. Fasilitas Hot Spot selama kegiatan jambore Daerah Jatim 2008 .
Untuk itu diupayakan setiap Kwarcab membawa Laptop yang ada fasilitas Wi Fi.
2. Bantuan Komunikasi ORARI / RAPI
3. Fasilitias Studia Radio Perkemahan
4. Fasilitas Buletin / Warta Jambore Daerah Jatim 2008
Transpotasi
1. Mobilitas peserta mengikuti kegiatan di luar Bumi perkemahan disediakan angkutan khusus oleh Panitia , mobilitas peserta mengikuti kegiatan di sekitar Bumi Perkemahan dengan berjalan kaki .
2. Untuk membantu kelancaran peserta Jambore Daerah Jatim menuju lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan transpotasi darat :
1. Bus / kendaraan roda empat
2. Kereta api , turun di St Jombang dilanjutkan dengan kendaraan Bus/ kendaraan roda empat menuju Buper Sumberboto Jombang .
Penerangan
1. Penyediaan aliran listrik untuk sumber daya peralatan dan penerangan di arena perkemahan diupayakan dengan daya PLN
2. Catu daya disediakan oleh PLN dan dicadangkan pula generator Pembangkit Listrik di Perkemahan
3. Penerangan di Pertkemahan hanya disediakan pada tempat tempat fasilitas umum perkemahan saja, sedangkan penerangan di tenda dan sekitarnya diusahakan oleh kontingen masing masing .
4. Penerangan listrik di lapangan utama , pameran dan tempat kegiatan malam disediakan oleh panitia .
Air Bersih
1. Kebutuhan air bersih bagi peserta dipenuhi dengan pemasangan bak tandon air di bumi Perkemahan
2. kebutuhan Mandi, cuci, dll telah disediakan secara permanen di Bumi perkemahan Sumberboto dengan tambahan Kamar mandi yang disesuaikan dengan kebutuhan .
Konsumsi
1. Disekitar lokasi perkemahan disediakan pasar oleh masdyarakat sekitar yang melayani kebutuhan bahan pokok
2. Peserta yang mengikuti kegiatan Safari Camp agar membawa perbekalan dan peralatan masak praktis .
3. Peserta yang mengikuti kegiatan Wisata, panitia menyediakan 1 kali makan siang di tempat kwgiatan wisata .
Kesehatan
1. Disediakan Pos Kesehatan Lapangan dengan dokter dan para medis dan non medis dilokasi perkemahan putera dan puteri
2. Disediakan mobil ambulance yang stan by di lakoasi perkemahan untuk mengantisiapasi bila terjadi hal hal yang tidak diinginkan .
3. Kesehatan Jambore Daerah Jatim 2008 berkerjasama dengan Kanwil Kehetan Prop. Jawa Timur dan Dinas Kesehtan Jombang.
4. Rumah Sakit rujukan yang ditunujk untuk kepentingan Jambore Daerah Jatim 2008 adalah Rumah Sakit Umum Jombang .
Pameran , kedai dan Pasar
1. Pameran diikuti oleh Satuan Karya dan Instansi terkait
2. Pameran berisi informasi yang menarik, barang kerajian unggulan , produk produk mutakhir yang bermanfaat dll.
3. Space area pameran, kedai dan Pasar disediakan oleh Panitia, penggunaan dan penempatan dicatat dan diatur panitia .
4. Kedai dan Pasar terbuka untuk umum dengan cara mendaftarkan diri dan mengisi formulir serta syarat lain yang telah ditentukan , contak person dengan Kak Pariyanto , Kwarcab Jombang HP. 081654995788
Keamanan , ketertiban dan keselamatan
Keamanan selama Jambore Daerah Jatim 2008 berlangsung diterapkan sistem keamanan Swakarsa di lingkungan perkemahan masing – masing .
1. Keamanan secara umum diarena perkemahan dikoordinasikan oleh Panitia seksi keamanan bekerja sama dengan satuan organisasi lainnya
2. Para peserta diharapkan menghindari pemekaian api yang menyebabkqan dan mengakibatkan bahaya kebakaran .
3. Diupayakan penyiapan pawang hujan dan pawang roh halus
PERKEMAHAN JAMBORE DAERAH JATIM 2008
Kehidupan Perkemahan
Warga perkemahan Jambore Daerah Jatim 2008 diibaratkan suatu wilayah pemukiman yang pada kehidupannya disessuaikan dengan kehidupan sebenarnya . Dikelola oleh seorang Camat Perkemahan yang dbantu oleh aparat perkemahan mulai tingkat Kelurahan sampai dengan tingkat RW . Pelaksana bagian perkemahan , administrasi dan keuangan , kegiatan serta sarana pendukung .
Dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air dan nilai persatuan maka organisasi perkemahan Jambore Daerah Jatim 2008 menggunakan nama nama kekayaan di bumi Nusantara.
Pengaturan Perkemahan
Warga Perkemahan JAMDA JATIM 2008 ditempatkan dalam suatu wilayah Kecamatan Perkemahan yang dinamakan Kecamatan ............................. dan dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan jumlah keragaman daerah asal peserta , agar terjalin rasa hubungan persaudaraan diantara peserta, dibagi menjadi beberapa kelompok dengan komposisi kelompok sbb :
- 1 Kecamatan perkemahan disebut dengan Kecamatan ................ dipimpin oleh seorang Camat Perkemahan
- 1 Kelurahan Perkemahan Putera disebut dengan Kelurahan SEMERU dipimpin oleh seorang Lurah Putera
- 1 Kelurahan Perkemahan Puteri disebut dengan Kelurahan BROMO dipimpin oleh seorang Lurah Puteri
- 1 Kelurahan pa / pi terdapat 4 RW
- 1 RW terdapat 9 – 10 Kwarcab
- 1 RW terdapat 300 – 400 Pramuka Penggalang
Perlengkapan Peserta perkemahan
Tujuan JAMDA JATIM 2008 akan tercapai apabila didukunh oleh keikutsertaan setiap peserta perkemahan melaksanakan semua kegaiatan JAMDA JATIM 2008. Untuk mencpai tujuan tersebut maka setiap Peserta perkemahan hatus melengkapi diri dengan perlengkapan perkemahan dan perlengkapan pribadi. Perlengkapan tersebut adalah :
1. Perlenagkapan memasak
2. Bahan bahan Konsumsi
3. Peralatan kebersihan perkemahan
4. Jirigen / ember air
5. Perlengakpan P3K
6. Perlengkapan penerangan
7. Tenda Regu, alas tidus, perlak, tali . tambang
8. Bendera merah putih
9. Bendera regu
10. Perlengkapan pentas seni budaya masing masing daerah
11. Pakaian karnaval
12. Perlengakapan kegiatan (kompak bidik,alat tulis,pakaian renang,radio penerima FM dll)
13. Obat – obatan pribadi
14. Pakaian Pramuka dua stel, pakaian kerja , kaos olah raga
15. Peralatan makan/ minum dan mandi
16. Peralatan tulis menulis
17. Tanda Anggota Pramuka
Untuk mencapai tujuan JAMDA JATIM 2008, peserta perkemahan wajib menaati tata tertib perkemahan. Tata tertib perkemahan tersebut adalah :
1. Setiap peserta perkemahan diharuskan mengikuti semua kegiatan JAMDA JATIM 2008 dengan penuh kesukarelaan, disiplin , tanggung jawab dan bersahaja.
2. Setiap peserta perkemahan harus mengembangkan rasa persaudaraam amtar sesama peserta JAMDA JATIM 2008
3. Setiap peserta perkemahan harus menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan lingkungan perkemahan masing – masing .
4. Setiap peserta perkemahan menerima tamu harus seijin Pembina pendamping Regu dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan .
5. Setap peserta perkemahan yang akan meninggalkan perkemahan harus seijin Pembina Pendamping dan melapor kepada Kecamatan perkemahan
6. Setiap peserta perkemahan tidak boleh membawa, menggunakan dan mengedarkan barang – barang terlarang seperti narkoba
7. Setiap peserta perkemahan tidak boleh mengganggu, merusak semua fasilitas yang ada di Bumi Perkemayan Sumberboto
8. Setiap peserta perkemahan tidak boleh membuat gaduh di arena perkemahan dan di lingkungan masyarakat setempat .
9. Setiap peserta perkemahan harus selalu mengenakan atribut Peserta JAMDA JATIM 2008.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar