Rabu, 10 Desember 2008

Satuan Karya

Satuan Karya Pramuka (Saka) merupakan wadah pembinaan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anggota muda dan anggota dewasa muda dalam bidang tertentu serta melakukan kegiatan nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat sesuai aspirasi pemuda Indonesia dengan menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Kegiatan tersebut menghasilkan pengalaman, tambahan pengetahuan dan teknologi, keterampilan dan kecakapan yang kelak menjadi bekal hidup anggota muda dan anggota dewasa muda.

Setiap Satuan Karya Pramuka mengkhususkan diri pada pengabdian di bidang tertentu berdasarkan spesialisasi atau keterampilan khusus. Anggota Satuan Karya Pramuka adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega putera dan puteri dari gugusdepan di wilayah ranting (umumnya tingkat kecamatan), tanpa melepaskan diri dari keanggotaan gugusdepannya. Anggota Satuan Karya Pramuka wajib meneruskan pengetahuan dan kemampuannya kepada anggota lain di gugusdepannya sebagai Instruktur Muda. Anggota Putera dan anggota Puteri dihimpun dalam satuan karya yang terpisah, masing-masing merupakan satuan karya yang berdiri sendiri.

Saat ini di Jawa Timur berkembang 8 Satuan Karya Pramuka, yaitu:


Wirakartika
Satuan Karya Wirakartika terbentuk atas kerjasama dengan TNI Angkatan Darat. Di Jawa Timur Saka Wirakartika di kukuhkan pada tanggal 26 Mei 2008 di Aula Kodam V Brawijaya Surabaya
Bhayangkara
Saka Bhayangkara adalah satuan karya yang bergerak dibidang Keamanan dan Ketertiban masyarakat. Satuan Karya ini bernaung dan dibina oleh instansi Kepolisian.

Wanabakti
Satuan Karya ini menyalurkan minat dan ketrampilan di bidang Kehutanan. Untuk itu maka Pramuka yang memiliki minat dan hoby di bidang ini dapat bergabung dengan Saka Wanabakti.

Bahari
Bagi anda Pramuka yang memiliki minat di bidang kelautan/kebaharian. Anda dapat bergabung dengan satuan karya ini.

Bakti Husada
Di bidang kesehatan, para Pramuka yang hendak bergiat dan menempa diri dapat bergabung dalam satuan karya Baktihusada. Satuan karya ini pengembangan dan pembinaannya dibantu oleh Dinas Kesehatan.

Kencana
Seluk-beluk keluarga berencana dan hal-hal yang berhubungan dengan reproduksi manusia dapat dipelajari di Satuan Karya ini.

Taruna Bumi
Sebagai negara agraris, maka para Pramuka yang memiliki minat di bidang ini dapat membina diri dan mengabdi melalui saka Tarunabumi.

Dirgantara
Saka Dirgantara adalah wadah bagi Pramuka pecinta kedirgantaraan, kegiatannya berhubungan dengan kedirgantaraan, pengen terbang ?, gabung aja dengan saka Dirgantara.

Tidak ada komentar: